Wednesday 20 July 2016

Sup Ikan Segar

Seorang teman pernah bilang, sup ikan Mak Beng di Bali itu enak banget... Sayangnya aku belum pernah nyobain, hanya saja aku punya bayangan, sup ikan itu harus segar, gurih,pedes dan  asamnya pas, dan yang paling penting tidak boleh amis..

Daripada cuma membayangkan, waktu aku punya fillet ikan dori, aku coba bikin sup aja...masih pakai bumbu instant rasa soto, hasilnya menurutku enak , worth trying. Nggak ada rasa soto yang khas itu ya , karena ada sereh,tomat, daun jeruk dan kawan kawannya.. Cobain ajalah...

Bahan:

1 kg daging ikan fillet, potong potong (aku pakai Dori)
1 bungkus bumbu Indofood rasa soto
+/- 2,5 lt air
2 sereh ambil,  bagian putihnya, keprak
5 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
1 kaleng jamur champignon, potong potong
2 tomat besar potong potong
Cabe rawit
2 ikat daun kemangi ambil daunnya saja
5 cm jahe keprak
1 sdm gula pasir
2 sdt kaldu bubuk/garam

Cara:

Rebus air sampai mendidih, masukkan jahe, sereh, daun jeruk dan bumbu soto. Rebus sampai Wangi.
Masukkan jamur, ikan,kaldu bubuk, gula dan cabe rawi, masak sampai merasuk.
Masukkan tomat dan daun kemangi sesaat sebelum di angkat.

Sajikan panas panas, dengan atau tanpa nasi.. 😘😘

No comments: